Saya itu hobi banget kuliner. Salah satu hobi saya adalah menikmati makanan-makanan enak dari berbagai penjuru dunia. Sehari-hari juga makan saya cukup banyak untuk porsi seorang wanita. Sudah banyak sering pula, alias doyan ngemil juga. Untungnya saya gak terlalu ada bakat gemuk. Tapi type  badan saya itu yo-yo, gampang kurus dan gampang  gendut. Dan kalau memang gak dijaga yang namanya badan pasti terlihat gak bagus, kalau pun kurus pasti kurus lembek  dan gak enak dilihat, apalagi dipegang, hahaha!

Banyak orang bilang ke saya: kenapa sih setiap saya liat kamu lagi makan, tapi badan nya kok gak gemuk-gemuk? Saya dari dulu gak pernah minum obat pelangsing atau coba berbagai cara untuk langsing seperti akupuntur, pijat langsing, dll, berikut  7 tips sederhana dari saya:

  • Kalau lagi makan, jangan dipikirin makanannya bakal bikin kamu gemuk. Nikmatin aja, kalau enak rasakan enaknya jangan rasain santen atau kuah pedes atau apa pun yang kamu rasa gak bagus buat badan. Rasain yang bagusnya aja alias rasa enaknya itu. Pikiran kamu juga jadi bahagia dengan enaknya makanan. Saya percaya kalau  saya bahagia pasti saya sehat.
  • Makan pagi yang banyak. Jangan lewatkan sarapan. Ada tips hidup sehat yang kondang seantero jagad raya: breakfast like a king, lunch like a prince, dinner like a beggar. Betul banget itu! Emang sih bagi kebanyakan orang malah kebalik, nah coba sedikit-sedikit diubah. Kalau emang gak bisa menghindari makan malam karena banyak acara yang harus dihadiri, tetap jangan lupa sarapan paginya. Sarapan adalah waktu makan terpenting yang gak boleh kita lewatin. Kalau kita sarapan cukup otomatis kita gak akan jadi rakus seharian.
  • Minum air putih yang cukup, agar metabolisme lancar. Saya bangun tidur pasti minum segelas airputih, kudu. Abis itu meditasi, ke kamar mandi, dll minum lagi segelas. Selanjutnya seharian saya minum air segelas setiap 2 jam sampai waktunya tidur.
  • Olahraga, gerak yang cukup. Luangkan waktu 30 menit sehari untuk olahraga ringan. Kalau kamu rajin ke gym, gak usah khawatir itu makanan semua kebuang disana. Tapi kalau gak doyan gym, jangan males gerak. Kalau ada kesempatan duduk atau berdiri, lebih baik kamu berdiri, kalori yang terbuang lebih banyak. Kalau bisa naik tangga, coba naik tangga daripada naik lift atau escalator. Olahraga nya kardio ya jangan angkat beban biar lemaknya kebakar bukan jadi otot.  Pengen makan banyak tapi gak gendut? Cara ini membantu banget!
  • Konsumsi buah dan sayur sebelum makanan lain. Kenapa? Karena serat mereka halus dan mudah diserap jika perut kita masih kosong. Kalau kita konsumsi berbarengan atau sesudah makanan utama, seratnya bukannya diserap malah terbuang begitu saja, sebagian yang mengandung gas malah gak terserap dengan maksimal dan bikin perut kembung. Hanya konsumsi sedikit buah untuk cuci mulut sesudah makan.
  • Usahakan jangan campur karbohidrat dengan protein dalam satu waktu makan. Misal kalau kamu makan nasi atau roti atau kentang, jangan pake daging atau keju. Kalau lagi makan daging atau ikan atau ayam, jangan pake karbo. Ini berlaku setiap waktu makan(sarapan, makan siang atau makan malam).  Kalau lagi pengen banget makan nasi, makan aja pake kering kentang atau serundeng.
  • Buat saya yang ini susah banget sih, tapi coba ganti cemilan dengan cemilan sehat seperti buah. Kalau pengen banget cemilan gurih coba makan tahu atau tempe dikasih bumbu teriyaki. Yang ini saya sendiri masih usaha keras biar gak kebobolan. Saya sadar ngemil itu emang enak banget dan tak tertahankan.

Memang mungking tips nya gak terlihat spektakuler tapi lumayan berpengaruh kalau kita mau tetep enjoy makan enak tanpa takut timbangan geser ke kanan.  Selamat mencoba!!!

ImageImage

Leave a Reply

